dwiucil45

A topnotch WordPress.com site

materi tik ipa kls XII

pada Oktober 23, 2013

TIK

 
 
 
 
 
 
 
 

MATERI TIK KELAS XII SMA SEMESTER GANJIL (SMA 1 NASIONAL)

 
STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafis
KOMPETENSI DASAR
1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
 
INDIKATOR KD 1
§ Mengidentifikasi program disain grafis
§ Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§ Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§ Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
 
 

DISAIN GRAFIS CorelDRAW 12
 
A. Pengertian
Disain grafis adalah program yang digunakan untuk merancang, mendisain suatu bentuk gambar, logo, foto dan lain sebagainya. Dengan menggunakan program ini kita dapat leluasa melakukan perubahan dan pengeditan gambar sehingga sesuai dengan keinginan kita, karena program ini menyediakan banyak fasilitas sesuai dengan kebutuhan kita dalam mendisain.
Program untuk disain grafis ada bebearap macam diantaranya :
1. Adove Ilustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDRAW
 
4. Maromedia Freehand
5. Metacreations Expression
6. Micrografx Designer
7. AutoCAD
8. Adobe Photoshop
9. Corel PhotoPaint
10. Macromedia X-Res
11. J Paintshop
12. Metacreations Painter
13. Metacreations Live Picture
14. Micrografx Picture Publisher
15. Microsoft Photo Editor
16. QFX
17. Wright Image
 
B. Perbedaan Grafis Berbasis Vektor dengan Grafis Berbasis Bitmap
Secara umum semua program disain grafis terdiri dari 2 macam yaitu disain grafis berbasis vektor dan disain grafis berbasis bitmap.
1. Disain Grafis Berbasis Vektor
Disain Grafis Berbasis Vektor adalah disain grafis yang berbasis besaran dan arah, jika gambar diperbesar beberapa kali gambar tetap enak dilihat karena gambar memiliki pixel-pixel yang sangat banyak dan teratur sehingga memiliki bentuk dan warna yang kontinu.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis vektor adalah :
1. Adobe Ilustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia Freehand
5. Metacreations Expression
6. Micrografx Designer
7. AutoCAD
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Scalable Vektor Graphics (SVG)
2. Encapsulated Postscript (EPS)
 
2. Disain Grafis Berbasis Bitmap
Disain Grafis Berbasis Bitmap adalah disain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel dengan warna yang menawan. Jika gambar diperbesar beberapa kali gambar menjadi kabur, pecah dan tidak enak dilihat karena gambar memiliki titik atau pixel warna yang sedikit dan tidak teratur sehingga menjadi rusak dan tidak enak dilihat.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis bitmap adalah :
1. Adobe Photoshop
2. Corel PhotoPaint
3. Macromedia X-Res
4. J Paintshop
5. Metacreations Painter
6. Metacreations Live Picture
7. Micrografx Picture Publisher
8. Microsoft Photo Editor
9. QFX
10. Wright Image
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
1. Graphics Interchange Format (GIF)
2. Joint Photographic Experts Group (JPEG)
3. Portable Network Graphics (PNG)
4. Windows Bitmap (BMP)
 
A. MEMBUKA PROGRAM CorelDRAW 12
Langkah membuka program CorelDRAW 12 :
1. Klik Start
2. Program
3. CorelDraw Graphics Swite 12
4. Klik CorelDRAW 12
Contoh tampilan lembar kerja CorelDraw
 
 
B. MENU DAN IKON DALAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Menu adalah bagian-bagian yang berisikan daftar-daftar perintah yang diletakkan pada sebuah batang menu, Toolbar/Ikon adalah bagian-bagian yang berisikan tombol-tombol perintah, menu-menu, atau kombinasi dari keduanya yang diletakkan pada bagian bawah menu bar
 
C. Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Disain Grafis
 
File
Edit
View
Layout
Arrange
Effects
Bitmaps
Text
Tools
Window
Help
A. Megidentidikasi Komponen Menu
1. Menu File
Komponen Menu
Fungsi
New (Ctrl + N) Membuka dokumen baru yang masih kosong
New Form Template Membuka file baru dari disain template
Open (Ctrl + O) Membuka dokumen yang pernah dibuat atau disimpan
Close Menutup file
Save (Ctrl + S) Menyimpan file disain grafis
Save As Menyimpan dengan nama yang baru
Revert Balik ke pertama kali sebelum disimpan
Acquire Image Memberi efek image/gambar
import Mengimpor file dari program lain
Export Mengirim gambar ke program lain
Send To Mengirim gambar untuk di buat desktop dan lain-lain
Print (Ctrl + P) Mencetak disain grafis
Print Preview Melihat contoh tampilan gambar yang akan dicetak
Print Setup Mengatur hasik pencetakan
Prepare For Service Bureau Mengubah file ke CDR
Publish To The Web Menyimpan ke halamn Web
Publish To PDF Menyimpan dalan bentuk file PDF
Document Info Meminta properties tentang dokumen
2. Menu Edit
Komponen Menu
Fungsi
Undo Mesh Fill (Ctrl+Z) Untuk membatalkan Mesh Fill yang terakhir
Redo Untuk kembali ke sesudahnya
Repeat (Ctrl+R) mengulang
Cut (Ctrl+X) Memotong objek
Copy (Ctrl+C) Menggandakan objek
Paste (Ctrl + V) Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut
 
 

Paste Special

Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut dalam kondisi tertentu
Delete menghapus
Symbol Mengedit simbol
Duplicate Menggandakan tanpa clipboard
Clone Menggandakan mengikuti objek utama
Copy Properties From Mengopi dari properties
Select All (Ctrl + A) Untuk memblok/menandai semuanya
Find and Replace Mencari dan mengganti
Insert Internet Object Menyisipkan objek dari web
Insert New Object Menyisipkan objek yang baru
Properties Menampilkan properties objek
 
3. Menu View
Komponen Menu
Fungsi
Sipmple Wireframe Menampilkan layar simple wireframe
Wireframe Menampilkan layar dalam modus kasar
Draft Menampilkan objek dalam modus kasar
Normal Menampilkan objek dan layar dalam modus normal
Enhanced Menampilkan layar dalam modus halus
Full Screen Preview Menampilkan dalam bentuk layar penuh
Preview Selected Only Menampilkan halaman tertentu
Page Sorter View Menampilkan semua halaman dalam sorter
Ruler Menampilkan atau menghilangkan penggaris
Grid Menampilkan atau menghilangkan garis latar
Guidelines Menampilkan atau menghilangkan garis bantu
Show Mengubah tampilan di layar seperti batas kertas dan lain-lain
Enable Rollover Menampilkan atau menghilangkan tampilan undo, redo
Snap to Grid Menuju garis
Snap to Guidelines Menuju garis bantu
 
 

Snap to Objects

Menuju ke objek tertentu
 
 
Grid and Ruler Setup Mengatur garis dan mistar
Guidelines Setup Mengatur garis bantu
Snap to Objects Setup Menuju setup objek
 
1. Menu Layout
Komponen Menu
Fungsi
Insert Page Menyisipkan halaman baru
Delete Page Menghapus halaman
Rename Page Mengubah nama halaman
Go To Page Menuju ke halaman tertentu
Switch Page Orientation Berpindah ke orientasi halaman
Page Setup Mengatur setup halaman
Page Background Mengatur latar halaman
 
2. Menu Arrange
Komponen Menu
Fungsi
Transformations Mentranspormasikan objek
Clear Transformations Menghilangkan transformation
Align and Distribute Mengatur pendistribusian
Order Mengatur posisi objek
Group Menggabung objek
Ungroup Menguraikan/memisahkan dari group
Ungroup All Menguraikan/memisahkan dari group semuanya
Combine Mengombinasikan
Break Apart Memecah objek
Lock Object Mengunci objek
Shaping Mengubah bebtuk objek
 
3. Menu Effects
Komponen Menu
Fungsi
Adjust Untuk mengatur komposisi
Transform Untuk mentransformasi
Corrections Untuk mengoreksi
 
 

Artistic Media

Untuk memberi garis seni
Belnd Untuk menggabungkan 2 objek
Contour Untuk memberi kontur gambar
Envelope Membuat lipatan-lipatan pada gambar
Extrude Untuk memberi efek extrude
Lens Untuk memberi efek lensa
Add Perspective Untuk memberi perspektif gambar
Power Clip Untuk memberi efek power Clip
Rollover Untuk memberi efek putar
Clear Effect Untuk menghilangkan efek
Copy Effect Untuk menyalin efek
Clone Effect Untuk menggandakan efek
 
4. Menu Bitmaps
Komponen Menu
Fungsi
Convert to Bitmap Untuk mengkonversi ke modus bitmap
Edit Bitmap Untuk mengedit disain berbasis bitmap
Crop Bitmap Untuk memotong objek bitmap
Trace Bitmap Untuk membagi bitmap
Resample Untuk mengembalikan ke aslinya
Mode Untuk memberi mode
Inflate Bitmap Untuk membuat flat bitmap
Bitmap Color Mask Untuk memberi warna
Resolve Link Untuk mengambil dari halaman internet
Update Form Link Untuk mengupdate dari internet
3D Effects Untuk memberi efek 3 dimensi
Art Strokes Untuk memberi efek seni
Blur Untuk memberi efek blur
Camera Untuk memberi efek difuss
Color Transform Untuk mentransformasi warna
Contour Untuk memberi kontur
Creative Untuk memberi efek buatan sendiri
Distort Untuk memuat bentuk tertentu
Noise Untuk memberi efek terang gelap
 
 

Sharpen

Untuk mempertajam
1. Menu Text
Komponen Menu
Fungsi
Format Text Untuk memformat teks
Edit Text Untuk memperbaiki teks
Insert Character Untuk menyisipkan karakter
Fit Text to Path Untuk menggabungkan teks ke objek
Fit Text to Frame Untuk menggabungkan teks ke frame
Align to Baseline Untuk meratakan
Straighten Text Komponen teks
Writing Tool Untuk menampilkan tool pengetikan
Change Case Untuk mengatur besar kecil huruf
Make Text Web Compatible Menggunakan teks dari web yang cocok
Convert Untuk mengubah teks
Text Statistics Properties teks
Show Non-Printing Characters Untuk menampilkan efek noncetak
Link Untuk menyambungkan ke internet
Unlink Untuk memutuskan hubungan dengan internet
 
2. Menu Tools
Komponen Menu
Fungsi
Options Untuk menampilkan options
Customization Untuk menampilkan tools
Color Management Untuk menampilkan format warna
Save Settings As Default Untuk menyimpan setting
Object Manager Untuk menampilkan objek manajer
Object Data Manager Untuk menampilkan data manajer
View Manager Untuk menampilkan zoom manajer
Link Manager Untuk menampilkan link
Undo Docker Untuk menampilkan docker undo
Internet Bookmark Manager Untuk menampilkan bookmark
Color Styles Untuk menampilkan format pewarnaan
Palette Editor Untuk menampilkan palette
Graphic and Text Styles Untuk menampilkan grafik
 
 

Scrapbook

Untuk menampilkan dari halaman internet
 
3. Menu Window
Komponen Menu
Fungsi
New Window Untuk membuka pane yang baru
Cascade Untuk penampilan cascading
Tile Horizontally Untuk menampilkan tile horizontal
Tile Vertically Untuk menampilkan tile vertikal
Arrange Icons Untuk menampilkan semua ikon
Color Palettes Untuk menampilkan palette
Dockers Untuk menampilkan docker
Toolbars Untuk menampilkan toolbar
Close Menutup
Close All Untuk menutup semua
Refresh Window Untuk memperbarui tampilan
 
4. Menu Help
Komponen Menu
Fungsi
Help Topics Untuk meminta bantuan per topik
CorelTUTOR Untuk meminta bantuan secara tutorial
What’s New Untuk meminta informasi fasilitas terbaru
Technical Support Untuk mengetahui teknis operasi
Corel on the Web Untuk meminta informasi Corel di internet
About CorelDraw Untuk meminta informasi Corel yang digunakan
 
A. Mengidentifikasi Komponen Ikon/Toolbar
1. Tool menu dan fungsinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: